WHAT'S NEW?
Loading...

TIPS MENGHADAPI UJIAN



Kali ini ane mau berbagi tugas dengan kalian, kali ini ane di tugaskan sama guru ane, tentang beberapa tips dalam menghadapi ujian silakan di simak
TIPS MENGHADAPI UJIAN
Ujian adalah suatu kata yang menakutkan khususnya bagai anak atau siswa-siswa yang sudah kelas tiga 3 SMA atau SMP.Ujian akan terasa mudh jika telah di persiapkan sejak dini. INILAH TIPS MEMPERSIAPKAN UJIAN
1. PERSIAPKAN FISIK
Persiapan fisik dapat di lakukan dengan memberikan waktu yang cukup untuk istirahat,tidur serta makan yang teratur dan cukup gizi mungkin juga dapat di tambah dengan Minum Vitamin dan berolahraga yang teratur agar tubuh selalu sehat dan terasa segar.
2. PENCARIAN INFORMASI
Maksudnya adalah mencari tahu soal-soal seperti apa yang biasanya keluar, mencari contoh soal, menanyakan soal-soal atau materi yang belum di pahami. Dan akan lebih baik membuat kelompok belajar.
3. PERSIAPAN MENTAL (PSIKOLOGIS)
Wajar jika kita merasa cemas saat akan menghadapi ujian, perasaan cemas ini juga bisa muncul karna aspek psikologis, hubungan antara aspek psikologis dengan kecemasan ujian antara lain adalah:
a.Kecemasan dapat muncul karena adanya kesalah pahaman pada tujuan ujian. Yang perlu di ingat pada dasarnya adalah semua tujuan aktivitas hidup kita di dunia adalah untuk beribadah kepada-NYA, termasuk ujian, oleh karenanya luruskan dulu niat kita, agar kita tidak terjebak pada tujuan-tujuan yang bersifat duniawi, INSYA ALLAH hati kita akan menjadi lebih tenang.
b.Takut gagal dalam ujian
Sebenarnya tidak ada kegagalan selama ujian, yang ada adalah kegagalan ketika belajar untuk menghadapi ujian tersebut. Misalnya: jika kita tidak sungguh-sungguh dalam belajar, atau ketika kita menggunakan cara-cara yang curang (mencontek, pergi ke dukun) itulah kegagalan yang sesungguhnya.




PERSIAPAN PSIKOLOGIS YANG BISA DI LAKUKAN YAITU:

A.SAAT BELAJAR:

Realistis dalam membuat perencanaan waktu, jangan terlalu ambisius, sebab bisa membuat kita kehabisan energi.
Atur jadwal untuk relaksasi di antara waktu belajar, misalnya dengan sistem 30-3= 27 menit belajar 3 menit istirahat.
Ciptakan suasana agar dapat belajar secara efektif (penerangan yang- baik, kursi yang nyaman, meja yang luas dan rapi, udara yang sejuk Dll)
Buatlah gambaran diri sepositif mungkin, misalnya: membayangkan kita- lulus ujian, namun di sertai usaha yang luas untuk mewujudkannya.
Berdoa dan bertawakal

B.MENJELANG DAN SAAT TIBA DI TEMPAT UJIAN:

Periksa jadwal pelajaran, kalau perlu SMS teman untuk memastikan pelajaran yang kita pelajari betul.
Siapkan secukupnya alat-alat yang di perlukan dalam ujian nanti.
Rencanakan waktu agar tiba di tempat ujian lebih awal
Trampil dan teliti dalam mengisi kertas ujian, bacalah semua petunjuk pengerjaan soal dengan cermat.
Nah,itu tadi persiapan-persiapan yang bisa kita lakukan untuk menghadapi ujian. Namun, ada satu hal yang tidak boleh kita lupakan, bahwa ujian merupakan suatu keniscayaan dalam hidup kita. Bahwa Allah pun mengabadikan perihal ujian dalam kita-NYA. “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka di biarkan saja mengayakan:”kami telah beriman” sedang mereka tidak di uji lagi…? dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sungguhNYA dia mengetahui orang-orang yang dusta”(surat al-ankabut)

0 komentar:

Posting Komentar

Author & Editor

Author & Editor
Satrio Muhammad