WHAT'S NEW?
Loading...

CONTOH PIDATO TENTANG LINGKUNGAN

Image result for pidato


Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Puji syukur marilah kita panjatkan ke khadirat illahi rabbi, Allah SWT, karena berkat rahmat dan karuniaNya lah kita bisa hadir di kesempatan yang berbahagia ini. Sholawat serta salam marilah kita haturkan kepada Nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang seperti sekarang ini.
Pada kesempatan kali ini, izinkanlah saya untuk berpidato mengenai “memelihara kelestarian lingkungan.” Seperti yang kita tahu bersama bahwa kesadaran untuk melestarikan alam bumi sukabumi ini telah menurun. Kerusakan alam yang terpusat pada penebangan pohon juga pembuangan limbah secara sembarangan merupakan masalah yang masih belum dapat diselesaikan.
Di daerah sukabumi terdapat (jumlah) pabrik, dimulai dari industry garmen samapi industry sepatu pun ada di sukabumi. Khususnya pemerintah kabupaten yang semakin mudah memberikan izin untuk pembangunan pabrik berskala besar yang mengakibat pencemaran limbah di daerah sekitar pabrik. Apabila kita telaah lebih jauh, izin yang didapatkan dengan yang menguntungkan beberapa pihak saja telah banyak merugikan warga. Disadari atau tidak, lahan terbuka hijau di sukabumi sudah menurun drastic semenjak tahun 2007.
Pabrik memanglah memberikan manfaat sebagai tempat bekerja, tetapi pengolahan limbah yang buruk justru bukan menguntungkan tetapi semakin merugikan. Perusakan alam, penebangan pohon, pembuangan limbah ke sungai telah menimbulkan akibat lain yaitu merebaknya wabah penyakit. Sungai yang digunakan para warga untuk mencuci, mandi, bahkan untuk minum, akan menjadi sumber penyakit bagi mereka.
Apalagi,semakin banyaknya buruh wanita yang bekerja, menyebabkan kurangnya perhatian dari ibu terhadap anaknya sehingga yang terjadi adalah perusakan moral dan kenakalan anak remaja. Menarik bukan? Bagaimana perusakan alam serta isinya dapat memengaruhi seluruh kehidupan manusia.
Banyaknya kendaraan bermotor juga merupakan salah satu factor penyebab pencemaran udara. Semakin banyak gas CO yang dibuang ke atmosfer akan semakin memberikan efek rumah kaca bagi bumi. Panas yang diserap tidak dapat dipantulakan dengan sempurna dan yang terjadi adalah pemanasan global.
Kita sebagai kaula muda seharusnya sadar betapa penting menjaga kelestarian alam apalagi daerah asal kita ini, sukabumi. Apakah kita ingin hidup di tempat yang gersang, kering, dan menebarkan banyak wabah penyakit?
Sebagai generasi yang berpendidikan kita seharusnya sudah mulai memikirkan masa depan. Apa yang kita ingin wariskan pada anak cucu kita nanti? Jangan samapi kita membiarkan anak cucu kita harus bertanggungjawab atas perbuatan kita yang merusak alam. Mungkin sekarang kalian belum merasakan betapa buruknya dampak perusakan lingkungan. Tetapi nanti, perbuatan perusakan ini akan menimbulkan hal yang berbahaya untuk kelangsungan hidup umat manusia di bumi.
Kita harus memiliki kesadaran untuk melestarikan ingkungan dengan cara :
1. Buanglah sampah pada tempatnya, dengan memisahkan sampah plastic, rumah tangga, dan barang pecah belah agar dapat didaur ulang dengan baik.
2. Menanam pohon dan juga mereboisasi hutan yang gundul, dengan cara ini air hujan dapat diserap dengan baik oleh tanah sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya bencana alam seperti tanah longsor dan juga banjir.
3. Membiasakan berjalan kaki, bersepeda, juga tidak menaiki kendaraan pribadi untuk menghemat penggunaan bahan bakar dan mengurangi pengualan emisi zat yang berbahaya ke atmosfer.
4. Tidak mempermudah izin pembangunan pabrik yang mengeluarkan berbagai zat limbah. Juga membuat teknologi penglahan limbah dengan baik.
5. Membersihkan daerah aliran sungai dari sampah-sampah yang dapat menimbulkan macetnya aliran air.
Jika kita dapat melakukannya dengan baik, bukanlah tidak mungkin untuk kembali merasakan sukabumi yang hijau dengan udara yang segar tanpa polusi udara.
Bencana alam yang dapat diminimalisir pun dapat memberikan rasa aman kepada para warga sehingga tidak akan da yang dirugikan. Karena melestarikan alam bukanlah kewajiban pemerintah, bukanlah kewajiban orang lain, tetapi merupakan kewajiban diri kita sendiri.
Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, saya harap pidato ini dapat menyadarkan kita bahwa penting sekali untuk melestarikan lingkungan ala mini. Terima kasih.
Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

By: Isti

0 komentar:

Posting Komentar

Author & Editor

Author & Editor
Satrio Muhammad