WHAT'S NEW?
Loading...

Berbuat Salah kepada Pasangan, Ini Kiat Meminta Maaf

Hampir dari kita semua pernah melakukan kesalahan, termasuk kepada pasangan atau orang yang kita sayangi.

Bahkan banyak orang yang tidak menyadari dirinya lebih banyak menyakiti hati orang yang mereka sayangi. Alasannya, potensi terjadinya konflik dengan orang yang sering bersama kita lebih besar dibandingkan dengan orang yang jarang kita temui.

Sebagian orang merasa malu dan gengsi mengakui kesalahannya, bahkan untuk meminta maaf. Situasi semacam ini bisa menimbulkan keretakan hubungan Anda dengan pasangan.

Kemarahan, sakit hati, dan dendam adalah benih dari perpisahan, yang jika tidak ditangani dengan segera akan berujung pada perpisahan. Jadi sebaiknya, jika Anda merasa bersalah kepada pasangan Anda, segeralah meminta maaf, agar masalah tidak berlarut dan membahayakan hubungan.

Berikut ini beberapa tip meminta maaf kepada pasangan, seperti dilansir Femalefirst.co.uk.

Lakukan saat itu juga

Jika Anda melakukan kesalahan dan menunggu waktu untuk meminta maaf, kemungkinan pasangan Anda sudah memendam amarah cukup lama, dan sulit baginya memaafkan Anda. Sebaiknya ucapkan maaf secepatnya setelah Anda melakukan kesalahan. Dan berusahalah menerima konsekuensi dari kesalahan itu.

Ucapkan dengan sungguh-sungguh

Jangan bilang maaf jika tidak bersungguh-sungguh mengucapkannya. Sebab, dia akan tahu Anda tidak ingin meminta maaf karena merasa bersalah, tapi hanya agar situasi menjadi lebih baik. Minta maaflah dengan sungguh-sungguh, dan katakana jika Anda tidak akan mengulanginya lagi.

Bertanyalah

Di samping mengucapkan maaf, sangat penting bagi Anda membahas masalah kenapa pasangan Anda marah. Tujuannya bukan untuk membela diri, tapi untuk introspeksi apa yang tidak disukainya serta berusaha berubah menjadi lebih baik dan tidak menyakitinya lagi.

Bertanggung jawab

Jika Anda berbuat salah, akui serta jelaskan kenapa Anda melakukannya, daripada hanya meminta maaf dan tidak menjelaskan apa pun yang membuat pasangan Anda bertanya kenapa Anda melakukan itu. Jika cara ini Anda lakukan, pasangan Anda akan kembali memaafkan dan mempercayai Anda.

Diskusikan

Jika Anda adalah pihak yang selalu harus meminta maaf sedangkan pasangan Anda selalu marah, maka cari tahu kenapa hal itu terus terjadi. Cari penyebabnya yang membuat pasangan Anda selalu marah, dan bicarakan baik-baik apa yang menjadi permasalahan agar bisa mencari jalan keluar berdua.


Tempo.co

0 komentar:

Posting Komentar

Author & Editor

Author & Editor
Satrio Muhammad