WHAT'S NEW?
Loading...

Pengertian dan Dampak Gobalisasi

PENGERTIAN GLOBALISASI
1.       Kamus Bahasa Inggris : Globalisasi adalah suatu hal yang berkaitan dengan dunia, internasional, atau seluruh alam jagat raya (berupa masalah, kejadian, kegiatan , atau bahkan sikap yang sangat berpengaruh dalam kehidupan yang sangat luas).
2.       John Huckle : Globalisasi adalah suatu proses dimana kejadian, keputusan, dan kegiatan disalah satu bagian dunia menjadi suatu konsekuensi yang signifikan bagi individu dan masyarakat di daerah yang jauh.
3.       Albrow : Globalisasi adalah keseluruhan proses dimana manusia di bumi ini diinkorporasikan (dimasukkan) ke dalam masyarakat dunia tunggal, masyarakat global
4.       Prijono Tjiptoherijanto : konsep globalisasi pada dasarnya mengacu pada pengertian ketiadaan batas antar negara (stateless). Konsep ini merujuk  pada pengertian  bahwa suatu negara (state) tidak dapat membendung “sesuatu” yang terjadi di negara lain.
5.       Secara Ekonomi  : Globalisasi merupakan proses pengintegrasian ekonomi nasional bangsa-bangsa ke dalam sebuah sistem ekonomi global. Aliran modal, komoditas, teknologi dan tenaga kerja berskala besar dan berjangka panjang melintasi perbatasan negara.
6.       Kamus Bahasa Indonesia : Globalisasi didefinisikan sebagai fenomena yang menjadikan dunia mengecil dari segi perhubungan manusia.
7.       Emmanuel Ritcher :  Globalisasi  adalah jaringan kerja global
Yang secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi ke dalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.
8.       Malcolm Waters : Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma dalam kesadaran orang
9.       Thomas L Friedman : Globalisasi memiliki dimensi ideologi dan teknologi. Dimensi ideologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia.
10.   Princeton N Lyman : Globalisasi adalah pertumbuhan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antara negara-negara didunia dalam hal perdagangan dan keuangan.
11.   Leonor Briones : Demokrasi bukan hanya dalam bidang perniagaan dan ekonomi namun juga mencakup globalisasi terhadap institusi-institusi demokratis, pembangunan sosial, hak asasi manusia dan pergerakan wanita.
12.   Selo Soemardjan : Globalisasi adalah terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat diseluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah yang sama.

TANTANGAN GLOBALISASI
1.       Sikap individualisme, yaitu munculnya kecenderungan mengutamakan kepentingan diri sendiri diatas kepentingan bersama, memudarkan solidaritas dan kesetiakawanan sosial, musyawarah mufakat, gotong royong dsb.
2.       Apresiasi generasi muda, yaitu banyaknya generasi muda yang sudah melupakan para pejuang dan jati diri bangsanya dengan fenomena baru, yaitu lebih mengenal dan mengidolakan artis, bintang film dan pemain sepak bola asing yang ditiru dengan segala macam aksesorisnya
3.       Pandangan kritis terhadap ideologi negaranya, yaitu banyaknya masyarakat yang sudah acuh tak acuh terhadap ideologi dan palasafah negaranya. Cenderung bersikap kritis membanding bandingkan ideologinya dengan ideologi negara lain yang dianggapnya lebih baik.
4.       Diversifikasi masyarakat, yaitu munculnya kelompok-kelompok masyarakat dengan profesi tertentu
5.       Keterbukaan yang lebih tinggi, yaitu tuntutan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintah yang lebih mengedepankan pendekatan dialogis, demokratisasi, supremasi hukum, transparansi, akuntabilitas, efektivitas, dan efisiensi.
PELAKU ATAU SUBYEK GLOBALISASI
1.       Negara-negara yang dipetakan secara dikotomis, yaitu negara-negara besar dan negara-negara kecil, negara-negara maju dan negara-negara berkembang, negara-negara kuat dan negara-negara yang lemah secara ekonomi, negara-negara yang berdiri sendiri atau negara-negara yang bergabung dengan negara lain dsb.
2.       Organisasi – organisasi antar pemerintah (IGO)  atau International Governmental Organization seperti ASEAN, NATO, European Community.
3.       Perusahaan internasional yang dikenal dengan nama Multinational Corporation (MNC) atau Transnational Corporation atau Global Firms.
4.       Organisasi internasional atau transnasional yang non pemerintah (INGO = International Non.Governmental Organization) seperti Palang Merah Internasional
5.       Organisasi-organisasi non formal, rahasia dan setengah rahasia, seperti mafia, teroris, pembajak, penyelundup, preman global, tentara bayaran, hacker komputer, dan mungkin juga organisasi Al-Qaeda.

DAMPAK GLOBALISASI DIBERBAGAI BIDANG
1.       Ekonomi : terjadi perdagangan internasional, pasar bebas, kerjasama regional, bilateral dan multilateral. Berdirinya organisasi World Bank, World Trade Organization, Asean Free Trade Area, dll.
2.       Ideologi : timbulnya dua ideologi besar yang menguasai dunia, liberal dan sosialis.
3.       Politik : berkembangnya sistem politik demokrasi liberal, demokrasi Pancasila, soasialis, komunis, dsb.
4.       Hankam : dengan dibentuknya fakta pertahanan NATO, SEATO, WARSAWA, dsb.
5.       Sosial : dengan hadirnya modernisasi disegala bidang kehidupan, terjadi perubahan ciri kehidupan masyarakat desa yang tadinya sarat dengan nilai gotong royong menjadi individual.

HAL YANG PERLU DIPERSIAPKAN UNTUK MENGHINDARI ASPEK NEGATIF GLOBALISASI
1.       Pembangunan kualitas manusia Indonesia melalui pendidikan
2.       Pemberian keterampilan hidup (life skill) agar mampu menciptakan kreativitas dan kemandirian
3.       Usaha menumbuhkan budaya dan sikap hidup global seperti mandiri, keatif, menghargai karya, optimis, dan terbuka
4.       Usaha selalu menumbuhkan wawasan kebangsaan dan identitas nasional

5.       Usaha menciptakan pemerintahan yang transparan dan demokratis

0 komentar:

Posting Komentar

Author & Editor

Author & Editor
Satrio Muhammad